Senin, 09 November 2015

SUNNAH SAAT KE MASJID

Assalamualaikum.. 
Bagaimana kabarnya hari ini sobat ??? Semoga baik aja yah.. Aamiin.. 
Kali ini saya ingin berbagi tentang salah satu sunnah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam yang sering kita lupakan, sebab sunnah pada hal ini mungkin rutin dilakukan pada tiap orang, salah satunya ketika ingin ke masjid. Nah, dalam islam diajarkan tata caranya, khususnya yang telah contohkan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam..
  
1. Bersegera dalam bepergian ke masjid. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda: "Seandainya manusia mengatahui apa yang ada di antara panggilan (adzan) dan shaf awal, kemudian mereka tidak mendapatkannya kecuali dengan cara mengundinya. Dan andai mereka mengetahui (keutamaan) yang ada pada 'tahjir', niscaya mereka akan mendatanginya meskipun dengan cara merangkak." (HR. Bukhari dan Muslim)
 
An-Nawawi berkata: "Maksud dari tahjir adalah bersegera untuk melaksanakan shalat."
 
2. Doa ketika berangkat ke masjid:
 "Ya Allah, jadikanlah di hatiku cahaya, di penglihatanku cahaya, dan jadikanlah di pendengaranku cahaya, dan jadikanlah di kananku cahaya, dan jadikanlah di kiriku cahaya, dan jadikanlah di atasku cahaya, dan jadikanlah di depanku cahaya, dan jadikanlah di belakangku cahaya. Dan berilah aku cahaya." (HR. Muslim)
 
3. Berjalan dengan tenang dan tidak tergesa-gesa. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda: "Tatkala kalian mendengan iqamah, hendaklah kalian berjalan menuju shalat dan hendaknya kalian sakinah dan wiqar." (HR. Al-Bukhari dan Muslim)
 
Sakinah adalah tenang dalam bergerak dan menghindari dari perbuatan yang sia-sia.
Wiqar adalah menjaga pandangan dan mengecilkan suara serta tidak menoleh ke sana ke mari.

4. Pergi ke masjid dengan berjalan kaki. Para ulama fikih menyatakan bahwa disunnah memperpendek langkah dan tidak terburu-buru ke masjid supaya mendapat pahala berjalan lebih banyak lagi. Hal ini didasarkan pada nash-nash syariat yang menyatakan keutamaan atas banyaknya langkah pergi ke masjid.

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda: "Tidakkah aku tunjukkan kepada kalian apa yang sebab itu Allah akan menghapuskan kesalahan-kesalahan dan mengangkat beberapa derajat?" Para sahabat berkata: "Ya, wahai Rasulullah." Rasulullah lalu menuturkan amalan-amalan yang antara lain adalah: "Banyaknya langkah menuju masjid." (HR. Muslim)
 
5. Berdoa ketika masuk  ke dalam masjid. Adapun doanya adalah sebagai berikut:

"Ya Allah, bukalah untukku pintu-pintu rahmat-Mu."
 
"Ketika salah seorang dari kalian masuk ke dalam masjid hendaknya dia mengucapkan salam kepada Nabi dan berdoa, 'Ya Allah, bukakanlah untukku pintu-pintu rahmat-Mu." (HR. An-Nasa'i, Ibnu Majah, Ibnu Khuzaimah, dan Ibnu Hibban)
 
6. Mendahulukan kaki kanan ketika masuk ke dalam masjid. Hal ini sesuai apa yang dikatakan Anas bin Malik Radhiyallahu Anhu: bahwasanya salah satu sunnah adalah ketika engkau masuk ke dalam masjid, engkau memulainya dengan kaki kananmu, dan ketika engkau keluar, engkau memulainya dengan kaki kirimu. (HR. Al-Hakim dan dia mengatakan bahwa hadits ini shahih menurut syarat yang ditetapkan oleh Muslim dan disepakati oleh Adz-Dzahabi)
 
7. Maju menempati shaf yang pertama. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda: "Seandainya orang-orang tahu apa yang ada di antara panggilan (adzan) dan shaf pertama kemudian mereka tidak mendapatkannya kecuali dengan mengundi, niscaya mereka akan mengundinya." (HR. Al-Bukhari)
 
8. Berdoa ketika keluar masjid. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda: "Ketika keluar, hendaklah dia berkata: 

"Ya Allah, sesungguhnya aku meminta dari anugerah-Mu." (HR. Muslim, sedangkan penambahan dan An-Nasa'i: bershalawat kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam ketika keluar)
 
9. Mendahulukan kaki kiri ketika keluar masjid. (Sebagaimana ucapan Anas bin Malik sebelumnya dalam hal ini mendahulukan kaki kanan).
10. Shalat Tahiyyatul Masjid Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda: "Ketika salah seorang di antara kalian masuk ke dalam masjid, hendaknya dia tidak duduk sampai melaksanakan shalah dua rakaat." (HR. Bukhari dan Muslim)
 
Asy-Syafi'i berkata: Shalat Tahiyyatul Masjid itu adalah sunnah sekalipun dalam waktu-waktu yang terlarang."
Al-Hafizh Ibnu Hajar berkata: "Para ulama ahli fatwa sepakat bahwa shalat Tahiyyatul Masjid hukumnya sunnah."

Sedangkan jumlah keseluruhan sunnah-sunnah yang perlu dipraktekkan oleh seorang muslim ketika pergi ke masjid untuk melaksanakan shalat lima waktu dan berulang-ulangnya dalam setiap kali adalah 50 sunnah.

Jangan lupa tinggalkan kritik / saran / celotehnya yang sopan di kolom komentar. Terima kasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat. Aamiin...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar