Rabu, 04 November 2015

SUNNAH MASUK DAN KELUAR RUMAH

Assalamualaikum.. 
Bagaimana kabarnya hari ini sobat ??? Semoga baik aja yah.. Aamiin.. 

Kali ini saya ingin berbagi tentang salah satu sunnah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam yang sering kita lupakan, sebab sunnah pada hal ini pasti rutin dilakukan pada tiap orang salah satunya ketika ingin ke kantor, ke rumah teman atau mungkin hanya sekedar masuk dan keluar dari rumah dengan keperluan tertentu. Nah, dalam islam diajarkan tata caranya, khususnya yang telah contohkan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam..

An-Nawawi berkata: "Disunnahkan mengucapkan Bismillah dan memperbanyak dzikir kepada Allah lalu mengucapkan salam."
1. Berzikir kepada Allah ketika masuk ke dalam rumah.

2. Kemudian baca doa masuk rumah. Setelah itu baru mengucapkan salam.

"Ya Allah,sesungguhnya aku meminta kepada-Mu kebaikan tempat masuk dan kebaikan tempat keluar. Dengan menyebut nama Alla, aku masuk dengan dan dengan menyebut nama Allah, aku keluar, dan hanya kepada Allah, Tuhan kami, aku bertawakkal." (HR. Abu Daud)
 
3. Memakai siwak. Rasulullah ketika masuk ke dalam rumahnya memulainya dengam memakai siwak. (HR. Muslim)

4. Mengucapkan salam. Hal ini berdasarkan firman Allah Subhanahu wa Ta'ala:
"Maka apabila kamu memasuki (suatu rumah dari) rumah-rumah (ini) hendaklah kamu memberi salam kepada (penghuninya, yang berarti memberi salam) kepada dirimu sendiri, salam yang ditetapkan dari sisi Allah, yang diberi berkat lagi baik." (QS. An-Nuur: 61)

Adapun ketika keluar rumah juga hendak membaca doa.
Jika demikian, maka akan dikatakan kepadanya: "Engkau sudah tercukupi, engkau akan dijaga, engkau akan mendapat petunjuk dan setan akan menyingkir darimu." (HR. At-Tirmidzi dan Abu Daud)

Adapun faedahnya pengamalan sunnah-sunnah ketika keluar rumah ini adalah:
1. Seseorang akan mendapatkan kecukupan atas apa yang menjadi harapannya, baik urusan dunia maupun urusan akhiratnya.
2. Seseorang akan mendapatkan perlindungan dari segala keburukan dan hal-hal yang tidak diinginkan, baik datangnya dari kalangan manusia maupun jin.
3. Seseorang akan mendapatkan hidayah yang merupakan lawan dari kesesatan.

Jangan lupa tinggalkan kritik / saran / celotehnya yang sopan di kolom komentar. Terima kasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat. Aamiin...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar