Assalamualaikum kawan blogger, saat ini saya ingin membagi sedikit pengetahuan mengenai Microsoft WORD 2007. Saya yakin ini sudah banyak sekali yang tahu, namun kita juga pasti tahu bahwa masih banyak dari kawan kita yang belum tahu atau mungkin baru akan mempelajarinya. Nah langsung saja saya bahas mengenai judul di atas,
Untuk memulai menjalankan
program microsoft word? Silakan ikuti langkah-langkah berikut :
1. Pilih tombol Start di pojok
kiri bawah tampilan windows.
2. Setelah muncul tampilan
menunya pilih Program, kemudian Microsoft Office dan Pilih
3. Microsoft Office Word 2007.
Unsur-unsur utama Layar Ms
Word.
1. Judul Windows
Baris Judul Menampilkan nama
file dan aplikasi Microsoft Word, nama file sebelum dirubah adalah Document1,
Document2 dan seterusnya. Pada pojok kanan sebelahnya window terdapat button minimize,
maximize dan menutup aplikasi word.
2. Office Button
Digunakan untuk :
- Membuat file baru
- Membuka file
- Menyimpan file
- Mencetak
- Keluar dari word
Disebelah kanan office button
terdapat button yang digunakan untuk menyimpan, Undo, Redo dan Customize Quick
Access Toolbar.
3. Customize Quick Access
Toolbar
Digunakan untuk menampilkan
button2 yang diinginkan untuk tampil pada taskbar, sebagai contoh jika kita
klik button open dan new document, akan muncul button tersebut pada taskbar.
Sebagai tips, tampilkan button yang sering anda gunakan untuk mempercepat
pengerjaan.
4. Menu
Setiap menu yang aktif (yang
kita Klik) akan memunculkan toolbar dibawahnya.
5. Toolbar
Merupakan deretan tool-tool
(gambar-gambar yang berbentuk tombol) yang mewakili perintah dan berfungsi
untuk mempermudah dan mengefisienkan pengoperasian program.
6. Kursor
Kursor atau Insertion Point
merupakan indikator tempat dimana teks akan muncul jika kita akan mengetik.
Posisi ini perlu diperhatikan karena Ms Word menggunakannya sebagai dasar dalam
melakukan suatu pekerjaan yang kita perintahkan.
7. Penggulung Teks
Untuk memudahkan dalam membaca
suatu dokumen dengan menggulung layar vertical dan horizontal.
8. Memasukkan Teks
Setelah mengenal dasar-dasar
layar Word, teks dapat langsung dimasukkan. Ada beberapa hal yang perlu
diketahui:
* Tab digunakan untuk mengidentasi pada baris pertama.
* Tab digunakan untuk mengidentasi pada baris pertama.
* Word secara otomatis akan
memulai baris baru sewaktu teks mencapai tepi kanan halaman.
* Apabila terjadi kesalahan
mengetik tekan Backspace untuk menghapusnya.
* Tekan enter untuk menambah
baris kosong.
* Titik Sisip (kursor)
Digunakan untuk memulai memasukkan teks.
* Penunjuk Mouse bergerak
dilayar sewaktu mouse digerakkan. Penunjuk ini tampak dalam bentuk huruf I atau
panah.
9. Memperbaiki Teks
Ketika suatu dokumen dibuat,
seringkali perlu memindahkan titik sisip untuk menambah atau menghapus teks di
lokasi yang berbeda. Caranya sebagai berikut :
9.1 Menggunakan Mouse
Geser pointer mouse yang
berbentuk I-beam ke posisi yang anda kehendaki pada area teks dan klik mouse.
Jika posisi yang anda tuju tidak tampak, perlu menggulung ke lokasi yang
diinginkan, gunakan panah atas dan bawah untuk naik atau turun satu baris.
Gunakan panah double atas dan bawah (dibawah toolbar vertical) untuk naik atau
turun satu halaman.
9.2 Menggunakan Keyboard
Jika anda menggunakan tombol
pada numeric keypad, pastikan bahwa NUM LOCK dalam keadaan off. Perhatikan
tabel berikut ini.
Perpindahan
|
Perintah
|
Satu karakter ke kiri
|
←
|
Satu karakter ke kanan
|
→
|
Satu baris ke atas
|
↑
|
Satu baris ke bawah
|
↓
|
Ke akhir baris
|
End
|
Ke awal baris
|
Home
|
Naik satu layar
|
Page Up
|
Ke bawah satu layar
|
Page Down
|
Akhir dokumen
|
Ctrl + End
|
Awal dokumen
|
Ctrl + Home
|
10. Menyimpan Dokumen
Untuk menyimpan dokumen klik
office button kemudian pilih Save atau klik button save pada Toolbar atau bisa
langsung menggunakan keyword dengan menekan Ctrl + S dan akan muncul sebuah
dialog, Kemudian pilihlah lokasi file (directory) pada bagian Save in:,
ketiklah nama file pada bagian File name, kemudian tekan tombol Save. Sebagai
latihan berilah nama pada file yang sudah diketik dengan nama Lat1.doc
11. Menutup Dokumen
Bila sudah selesai mengerjakan
suatu dokumen dan sudah selesai menyimpannya, mungkin perlu menutup dokumen dan
setelah itu mengerjakan dokumen lain. Klik office button dan pilih Close.
12. Membuka Dokumen
Untuk membuka dokumen klik
office button dan pilih Open, Word akan menampilkan dialog box, kemudian Anda
carilah directory dan Folder Yang menampung file yang akan dibuka pada bagian
Look in lalu klik file yang akan dibuka kemudian tekan button Open maka file
anda akan ditampilkan dilayar Word.
Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.. Wassalam..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar