Selasa, 03 November 2015

SUNNAH SETELAH BANGUN TIDUR

Islam itu agama yang sangat selektif terhadap kehidupan kita, bahkan hal yang kita sepelekan pun malah dibahas dan ditegaskan oleh Allah melalui agama Islam.

1. Mengusap bekas-bekas tidur di wajah dengan menggunakan tangan. Hal ini telah ditegaskan kesunnahannya oleh an-Nawawi dan Ibnu Hajar sebagaimana disebutkan dalam hadits: “…Rasulullah kemudian bangun tidur. Beliau lalu duduk sambil mengusap (bekas) tidur di wajah beliau dengan tangan beliau.” (HR. Muslim)

2. Berdoa, yaitu membaca doa sebagai berikut:  


“Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami dan kepada-Nyalah (kami) kembali.” (HR. Al-Bukhari)

3. Memakai siwak. Diriwayatkan bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam ketika bangun tidur menggosok mulutnya dengan siwak. (HR. Bukhari dan Muslim)

4. Al-Istintsar (Menghisap air ke dalam hidung). Rasulullah Shallalahu Alaihi Wasallam bersabda: “Tatkala salah seorang di antara kalian bangun tidur, hendaknya dia menghisap air ke hidung sebanyak tiga kali. Sesungguhnya setan menginap di lubang hidungnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

 5. Membasuh kedua belah tangan sebanyak dua kali. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda: “Ketika salah seorang di antara kalian bangun dari tidurnya, hendaknya dia mencelupkan tangannya ke dalam tempat (air) sampai dia membasuh tangannya itu sebanyak tiga kali.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar