Selasa, 03 November 2015

SUNNAH DALAM MEMAKAI PAKAIAN

Assalamualaikum.. 
Bagaimana kabarnya hari ini sobat ??? Semoga baik aja yah.. Aamiin.. 

Kali ini saya ingin berbagi tentang salah satu sunnah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam yang sering kita lupakan, sebab sunnah pada hal ini pasti rutin dilakukan pada tiap orang salah satunya ketika ingin mandi. Nah, dalam islam diajarkan tata caranya, khususnya yang telah contohkan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam..
Salah satu perkara yang biasa dilakukan umumnya manusia di setiap pagi dan malam adalah memakai dan melepaskan pakaian. Asa kalanya karena akan mandi, tidur atau pun selain dari itu.

Sedangkan dalam memakai dan melepas pakaian ada beberapa sunnahnya, antara lain:

1. Mengucapkan basmalah ketika memakai atau pun ketika melepas pakaian. An-Nawawi berkata: "Hal ini (membaca basmalah) disunnahkan dalam setiap perbuatan."

2. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam ketika memakai pakaian, gamis, selendang, atau surban selalu berdoa:
 "Ya Allah, sesungguhnya aku meminta kepada-Mu dan kebaikannya dan kebaikan yang diciptakan padanya. Dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukannya dan keburukan yang diciptakan padanya." (HR. Abu Daud, At-Tirmidzi dan Ahmad. Dishahihkan oleh Ibnu Hibban. Juga Al-Hakim, dia berkata: "Sesuai dengan syarat  yang ditetapkan Muslim dan disetujui oleh Adz-Dzahabi.")

3. Memulai dengan sebelah kanan ketika memakai. Hal ini didasari oleh hadits Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam yang berbunyi: "Ketika kalian memakai (pakaian) mulailah dari sisi kanan kalian." (HR. At-Tirmidzi, Abu Daud, dan Ibnu Majah. Hadits ini shahih)

4. Melepaskan pakaian dan bawahan dimulai dari sebelah kiri, setelah itu barulah sebelah kanan.
Jangan lupa tinggalkan kritik/saran/celotehnya yang sopan di kolom komentar. Terima kasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat. Aamiin...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar