Selasa, 03 November 2015

SUNNAH DAN KEUTAMAAN BERSIWAK

Assalamualaikum.. 
Bagaimana kabarnya hari ini sobat ??? Semoga baik aja yah.. Aamiin.. 

Kali ini saya ingin berbagi tentang salah satu sunnah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam yang sering kita lupakan, sebab sunnah pada hal ini pasti rutin dilakukan pada tiap orang salah satunya ketika bangun tidur, ketika ingin wudhu, atau mungkin setelah makan. Nah, dalam islam diajarkan tata caranya, khususnya yang telah contohkan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam..

Ada beberapa waktu yang semestinya digunakan oleh seorang muslim untuk memakai siwak, mulai pagi hari hingga malam hari.

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda :

"Seandainya aku tidak takut memberatkan umatku, niscaya aku akan memerintahkan mereka untuk memakai siwak setiap melakukan shalat." (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Adapun total dari pengamalan seorang muslim memakai siwak selama sehari semalam tidak kurang dari 20 kali. Sebab seorang muslim akan memakai siwak ketika melaksanakan shalat lima waktu, lalu shalat-shalat sunnah sebelum dan sehabis shalat fardhu, lalu shalat sunnah dhuha, lalu shalat witir, lalu ketika masuk ke dalam rumah. Sebab, pertama kali yang dilakukan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam ketika masuk rumah adalah memakai siwak. Sebagaimana diriwayatkan oleh Aisyah Radhiyallahu Anha dalam kitab Shahih Muslim.

Setial kali engkau masuk ke dalam rumah, mulailah dengan siwak, sehingga engkau mendapatkan pahala mengamalkan sunnah. Dan ketika membaca al-Qur'an, ketika berubahnya bau mulut, dan ketika bangun dari tidur. Selain itu, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda: "Siwak menyucikan mulut dan menyebabkan ridha Tuhan." (HR. Ahmad)

Adapun faedah dan mempraktekkan sunnah ini adalah:
1. Ridha Allah Subhanahu wa Ta'ala kepada hamba-Nya.
2. Membersihkan mulut

Penelitian kedokteran terbaru membuktikan: bahwa siwak mengandung beberapa zat-zat yang berguna bagi kesehatan gigi dan gusi. Antara lain:
1. Zat antibiotik
2. Zat sterilisator
3. Zat pembersih gigi
4. Zat yang berguna memperbaiki fungsi mulut.

1 komentar:

  1. kalau dipakai 20x sehari sepertinya sudah cukup menggunakan kayusiwak saja ya, tanpa perlu pakai sikat gigi biasa lagi

    BalasHapus