Kamis, 12 November 2015

SUNNAH SUNNAH DALAM IQAMAH

Assalamualaikum.. 
Bagaimana kabarnya hari ini sobat ??? Semoga baik aja yah.. Aamiin.. 
Kali ini saya ingin berbagi tentang salah satu sunnah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam yang sering kita lupakan, sebab sunnah pada hal ini mungkin rutin dilakukan pada tiap orang, salah satunya ketika hendak shalat berjamaah di masjid. Nah, dalam islam diajarkan tata caranya, khususnya yang telah contohkan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam..

Empat sunnah pertama dalam sunnah-sunnah adzan, juga disunnahkan dalam iqamah. Hal ini sebagaimana difatwakan oleh Lajnah Ad-Da'imah Li Al-Buhuts Al-Ilmiyah wa Al-Ifta' (Komite Pembahasan dan Fatwa di Saudi Arabia). Dengan demikian, jumlah keseluruhan dari sunnah-sunnah yang dipraktekkan ketika iqamah setiap kali shalat berjumlah 20 sunnah.

faedahnya:
Disunnahkan bagi yang mendengar iqamah untuk mengucapkan sebagaimana yang diucapkan oleh orang yang mengumandangkan iqamah. Kecuali dalam kalmat Hayya 'alash Shalah dan Hayya 'alal Falah, hendaknya orang yang mendengarnya mengucapkan: La Haula wa La Quwwata Illa Billah.

Sedangkan pada saat orang yang membaca iqamah mengucapkan: Qad Qamatis Shalah, hendaklah orang yang mendengarkan menirukannya dan tidak mengucapkan: Aqamahallah wa Adamaha, sebab hadits ini dha'if (Lajnah Ad-Da'imah Lil Buhuts wa Al-Ifta')

Jangan lupa tinggalkan kritik / saran / celotehnya yang sopan di kolom komentar. Terima kasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat. Aamiin... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar